Gadged Multi Fungsi

Contact Form

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Mengetahui PK AC dari name plate indoor / Outdoor

Ilmu dasar AC / Mengetahui PK AC dari name plate outdoor / indoor

Ilmu dasar pada teknis AC salah satunya adalah mengetahui PK atau besar BTU yang terdapat pada name plate AC, Terus bagaimana cara mengetahui PK AC dengan melihat kode yang terdapat pada name plate unit indoor / outdoor, Terus bagaimana jika unit ACnya masih baru? Tidak bisa melihat name plate pada unit indoor / outdoor? Tak perlu khawatir karna untuk unit AC baru juga sudah ada pada kode pada bungkus / kardus yang di gunakan untuk melindungi ACnya. Biasanya kode tersebut terdapat pada bagian samping kardus yang di tuliskan beserta type AC. Untuk lebih jelasnya silahkan di baca artikel saya sampai selesai.

Pada dasarnya seseorang yang ingin menjadi teknisi / Produsen yang hendak membeli AC pastilah harus tau kapasitas AC, untuk teknisi juga harus memiliki acuan PK pada AC tanpa harus bertanya kepada pelanggan yang hendak di perbaiki ACnya. Sedangkan untuk user biasanya juga harus mengetahui ketika hendak membeli AC second / Bekas.

Kode PK / BTU pada name plate outdoor / indoor

Begini cara menghitung atau menilai sebuah PK AC dari name plate yang terdapat pada unit indoor maupun outdoor

Mengetahui PK AC dari namplate
PAC 05VE / 1/2PK
Mengetahui PK AC dari namplate outdoor
S05LG-2 / 1/2 PK

Kode AC menurut PK

Misalnya AC dengan merk dan type AC Panasonic CS PC5JKJ
AC Sharp AH-AP7MSL
AC SHARP AH-AP09KHL
Maksud dari kode di atas adalah menyebutkan sebuah type dan kapasitas BTU pada AC tersebut. Dari kode yang terdapat pada AC Panasonic dengan kode CS PC5JKJ yang berarti kode tersebut menerangkan bahwa memiliki kapasitas 5000 BTU/hr, 5000 BTU di ambil dari angka 5 yang terdapat pada kode tersebut, sedangkan hurufnya menerangkan type dan perakitan ACnya. Untuk lebih mudahnya kita ambil angka saja tanpa harus melihat hurus di sevelum angka maupun sesudah angka.
Bagaimana cara mengenali kapasitas BTUnya?
Di sini saya akan memberikan data Kode, BTU, serta PK

BTU AC

1. 5000 BTU/hr =1/2 pk
2. 7 = 7000 BTU/hr =3/4 PK
3. 9 = 9000 BTU/hr = 1 PK
4. 12 = 12000 BTU/hr = 1,5 PK
5. 18 = 18000 BTU/hr =2 PK
6. 24 = 24000 BTU/hr =2,5

Kode tersebut sudah lazim dan sudah menjadi patokan untuk semua jenis AC split terkecuali dengan AC slpit dengan merk Daikin, Mereka mengeluarkan / memiliki kode yang berbeda pada umumnya, Kenapa? Saya tidak tahu... 😆😆😆 karna memang sudah dari pabrikan.

Untuk mengetahui kode PK pada AC daikin jenis split saya akan bahas pada postingan berikutnya. Karna di sini sudah terlalu banyak pembahasan mengenai kapasitas / PK AC.

No comments:

Back To Top