Gadged Multi Fungsi

Contact Form

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Penyebab AC bocor air pada indoor dan kerusakan yang akan terjadi

Kenapa AC di rumah saya sering terjadi bocor air pada indoor?

Ac merupakan alat elektronik yang di gunakan untuk mendinginkan ruangan udara seperti pada kamar, ruang kerja, toko, maupun tempat dimana orang berada di dalam suatu ruangan, pada dasarnya AC bekerja dengan system refrigasi / menggunakan freon untuk mendinginkan udara. Di rancang sedemikian rupa untuk bisa berfungsi dengan keperluan dan kebutuhan manusia. Namun ketika AC anda memiliki berbagai masalah seperti tidak dingin, brisik, dan juga bahkan bocor Air pada bagian indoor...
Bocor air pada indoor ac dan kerusakan

Ac anda pernah mengalami hal tersebut? Pada kali ini saya ingin memberikan beberapa tips untuk berbagai masalah yang sering terjadi pada unit AC, salah satunya yaitu penyebab terjadinya bocor air pada AC di bagian indoor.

Ac anda bocor? Kapan terakhir kali panggil tukang AC untuk membersihkanya?

Sudah lupa? Eemm kapan ya?? Nah... yang paling sering di abaikan para pengguna AC yaitu di lakukan Service Berkala, padahal pada kasus bocor air pada AC paling utama yaitu tidak pernah di lakukan service rutin. 
Terus berapa lama saya perlu lakukan service / cuci AC? 
Sebenarnya berapa lama anda perlu service itu tidaklah begitu penting, namun seberapa sering anda menggunakan AC.
Contoh saja. Anda menggunakan AC dalam 1 hari sekitar 12 jam, pada hitungan teknisi AC jika anda menyalakan AC dalam waktu 1 hari itu sekitar 12 jam, maka anda perlu lakukan service rutin berkala sekitar 3 bulan sekali, namun jika anda menggunakan lebih dari 12 jam atau bahkan 24 jam non stop maka anda juga harus melakukan service / cuci paling cepat yaitu sekitar 1 - 2 bulan sekali, jangan tunggu bocor baru di service... 😆😆

Cari teknisi AC yang berpengalaman dan loyal dalam pekerjaanya

Kenapa saya singgung mengenai teknisi AC yang berpengalaman dan loyal, pada kasus yang sama sering kali di temukan AC jadi bocor setelah di service, Apa penyebabnya?
Seperti sebelumnya saya bahas pada wacana di atas jika AC anda lama tidak di cuci tentu kondisi AC akan kotor sekali, bahkan banyak lendir yang terdapat pada kisi kisi evaporator.
Terus apa hubunganya sama teknisi AC?
Tentu ada hubunganya, jika seorang teknisi AC tidak melakukan service cuci secara loyal / tidak bersih dari lendir dan kotoran maka lendir / kotoran yang tersisa pada AC itulah yang nantinya akan menyumbat lubang drainase ( pembuangan )...
Lalu apa yang terjadi? AC anda akan bocor dalam beberapa waktu dekat.

Penyebab jika AC kotor sehingga mengakibatkan bocor Air

Bocor air pada indoor merupakan salah satu jika anda tidak melakukan service rutin secara berkala, selain itu masih banyak yang di sebabkan lagi jika AC sudah terlalu kotor dan bocor air.

Ac Cepat rusak

Barang elektronik / benda apa saja yang sering di pakai namun tidak pernah di lakukan perawatan pasti akan cepat rusak, tidak percaya?
Jika AC anda kotor tentunya system kerjanya akan sangat memaksa pada semua komponen unit AC, salah satunya yaitu pada kompresor. Kompresor akan bekerja tidak sebagaimana semestinya, kompresor akan naik ampre, cepat panas / over heat, yang akan menyebabkan kompresor akan mati / shoot.

Tagihan listrik membengkak

Ketika AC anda kotor maka sirkulasi udara dan sirkulasi freon tentunya terganggu yang akan mengakibatkan beberapa masalah baru, seperti yang saya sebutkan di atas ketika kompresor sudah naik ampre berarti kebutuhan yang di perlukan untuk kompresor akan bertambah juga. Contoh pada AC 1 PK, yang memiliki nilai normal ampre kurang lebih 3,8 - 4 A. Namun jika AC sudah kotor maka Ampre bisa naik sekitar 4,2 atau bahkan lebih, alhasil kebutuhan daya yang di perlukan akan naik dan tagihan listrik juga akan mengikuti.

Tagihan biaya service akan bertambah

Untuk harga service / cuci AC di semarang kisaran harga normal sekitar Rp.50.000 - Rp.75.000, Namun jika sudah terjadi kerusakan pada AC / pada komponen AC maka anda perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi, jika ada salah satu spare part yang rusak / lemah tentunya harus segera di ganti sebelum merusak komponen lainya. Untuk perbaikan / ganti spare part plus jasa pasti memerlukan biaya minimal Rp. 100.000. Jika anda pernah panggil tukang service dan melakukan perbaikan pasti tidak butuh biaya sedikit, apa gak sayang dengan uang anda? 😀😀

Jadi kesimpulan yang bisa di ambil dari penyebab AC bocor air yaitu tingginya biaya yang akan anda keluarkan untuk perawatan selanjutnya.. maka dari itu segera lakukan perawatan rutin 3 bulan sekali sebelum terjadi kebocoran air / kerusakan-kerusakan yang akan timbul di kemudian hari.


Back To Top