Pengertian dan prinsip kerja Kontaktor / Magnetic Contactor ( MC )

Pengertian Kontaktor atau Magnetic Contactor ( MC )

Magnetic contactor
Magnetic contactor

Kontactor atau Magnetic Contactor adalah saklar listrik yang bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik dan bekerja secara magnetis dalam memutus dan menghubungkan daya yang mana Kontaktor berfungsi sebagai pengendali motor maupun komponen listrik lainnya. Dengan magnetik kontaktor komponen yang terpasang akan lebih mudah untuk dikendalikan dibanding menggunakan sakelar biasa. Umumnya MC terdiri dari 3 pole kontak utama dan kontak bantu (aux. contact). Untuk menghubungkan kontak utama hanya dengan cara memberikan tegangan pada koil MC sesuai spesifikasinya. Komponen utama sebuah MC adalah koil dan kontak utama. Koil dipergunakan untuk menghasilkan medan magnet yang akan menarik kontak utama sehingga terhubung pada masing masing pole.
Kontaktor bisa juga di artikan bentuk relai listrik yang ditemukan di sebagian besar motor bertenaga listrik. Mereka bertindak sebagai perantara untuk sumber daya langsung, dan motor listrik beban tinggi untuk menghomogenkan atau menyeimbangkan perubahan frekuensi listrik yang mungkin berasal dari catu daya serta bertindak sebagai pengaman.

Prinsip kerja kontaktor magnetik

Sebuah kontaktor terdiri dari koil, beberapa kontak Normally Open ( NO ) dan beberapa Normally Close ( NC ). Pada saat satu kontaktor normal, NO akan membuka dan pada saat kontaktor bekerja, NO akan menutup. Sedangkan kontak NC sebaliknya yaitu ketika dalam keadaan normal kontak NC akan menutup dan dalam keadaan bekerja kontak NC akan membuka. Koil adalah lilitan yang apabila diberi tegangan akan terjadi magnetisasi dan menarik kontak-kontaknya sehingga terjadi perubahan atau bekerja. Kontaktor yang dioperasikan secara elektromagnetis adalah salah satu mekanisme yang paling bermanfaat yang pernah dirancang untuk penutupan dan pembukaan rangkaian listrik maka gambar prinsip kerja kontaktor magnet dapat dilihat pada gambar berikut :
diagram kontaktor magnetik

Diagram kontactor magnetik

Gambar di bawah merupakan diagram pemasangan kontactor magnetik pada mesin penggerak dengan kebutuhan listrik 3 phase

Keuntungan menggunakan Magnetic contactor


Keuntungannya :

  • Arus listrik untuk mengendalikan motor menjadi kecil, karena arus yang besar dibutuhkan motor langsung ditangani kontaktor.
  • Kontaktor dengan mudah dikendalikan oleh peralatan elektronik (misalnya kontrol, sensor, timer, remote/ wireless, komputer dll)
  • Perawatan akibat dari bunga api listrik pada kontaktor menjadi lebih minim dibandingkan dengan skaklar.
  • Pengendalian motor dapat ditempatkan pada jarak yang cukup jauh tanpa menggunakan kabel yang besar.
  • Untuk motor yang berdaya besar, kontaktor lebih murah dibandingkan dengan skaklar dengan arus maximum yang sama.
Posting Komentar

Artikel Yang Sering Di Kunjungi

Cara merubah tampilan suhu remot AC

Kode Error AC Daikin Bisa di Check Menggunakan Remote

Panduan Menggunakan Remote AC LG Dengan Benar

Jual Beli Barang Bekas / Rosok Semarang Tlp / WA 081291244676

Cara memperbaiki sensor ac tidak bisa di remote