Klik Untuk Order Via WA

Cara mengganti kapasitor kompresor AC split dengan mudah

Cara mengganti kapasitor kompresor pada AC split - Bawasanya AC merupakan barang elektronik yang berfungsi untuk melepas kalor pada suatu ruangan tertentu, namun ketika ada beberapa faktor yang disebabkan salah satunya ialah terjadi kerusakan pada komponen / spare part kompresor yang juga biasa di sebut dengan starting kompresor. Maka dengan terjadinya kerusakan kapasitor secara otomatis kompresor tidak dapat bekerja ( Running ), alhasil AC tidak dapat dingin "keluar angin saja". Disini akan saya bahas mengenai bagaimana cara mengganti kapasitor kompresor AC yang sudah rusak / berkurang nilai mikronya.
Sebelum kita membahas langkah langkah yang perlu kita lakukan untuk mengganti kapasitor tersebut kita perlu tahu terlebih dahulu apakah benar kapasitor tersebut terjadi kerusakan dan bagaimana cara mengetahuinya??



Berikut ciri ciri jika kapasitor AC rusak :

1. Ac tidak dingin sama sekali
2. Kompresor tidak bekerja ( mendengung beberapa saat )
3. Nilai Amper pada tegangan AC berlebih
4. Kompresor panas ( overheat )
5. Listrik Trip / Turun

Dari kejala yang terjadi yang saya sebutkan pada no 1 - 5 merupakan ciri ciri yang biasa terjadi jika kapasitor kompresor ac split terjadi kerusakan, atau untuk lebih pastinya bisa juga mengukur nilai mikro pada kapasitor dengan menggunakan alat ukur kapasitor yang biasa di sebut dengan CAPASITOR TESTER, jika anda menggunakan alat tersebut bisa memastikan bahwa kapasitor AC rusak atau tidak.
Alat tersebut bisa anda beli di toko toko AC di kota anda..
Sekarang saya akan membahas yang mana sesuai dengan judul artikel saya mengenai Cara mengganti kapasitor kompresor AC split. Sebenarnya pekerjaan ini tidaklah berat / sulit jika anda memahami ke enam tips yang akan saya sampaikan di bawah ini.

Langkah langkah cara mengganti kapasitor kompresor AC split ialah:

Siapkan kapasitor dengan nilai mikro farad yang sama dengan kapasitor yang lama

Yang perlu anda lakukan pertamakali ialah memutus arus listrik pada AC supaya aman jika tidak ada arus listrik pada AC

Kedua membuka cover outdoor bagian atas menggunakan obeng plus (+) untuk melepas baut pada bagian kiri dan kanan


Pada langkah ketiga yang perlu anda perhatikan ialah rangkaian kabel, ada 3 kabel 2 warna yaitu warna 1 kabel Merah, 2 kabel Biru. Tergantung merk AC, Kabel tersebut di hubungkan socet ke bagian negative charge connection dan positive charge connection. Pada system ini kabel biru dan merah tidak boleh terhubung pada connection yang sama. Atau bisa juga perhatikan kabel pada kapasitor yang lama, pasang kabel ke kapasitor baru sesuai dengan rangkaian kapasitor yang lama. ( boleh di bolak balik - +nya )

Keempat setelah langlah ketiga anda lakukan dengan benar maka anda bisa mencoba menghidupkan arus listrik dan menyalahan AC

Kelima jika kompresor berhasil running anda bisa menutup kembali cover atas pada bagian outdoor dan memasang bautnya.

Keenam jika kompresor tidak bekerja maka analisa anda untuk kerusakan kapasitor berarti salah dan terjadi kerusakan pada kompresor anda.

Dari keenam langlah yang sudah saya tunjukan kepada anda maka dapat di ambil kesimpulan bahwa pekerjaan yang anda lakukan tidaklah sulit, namun ilmu yang anda pelajari merupakan ilmu terpenting untuk melakukan perbaikan kerusakan spare part pada AC.
Cara mengganti kapasitor kompresor AC split dengan mudah 4.5 5 Heri Santoso Saturday, 4 August 2018 Cara mengganti kapasitor kompresor pada AC split -  Bawasanya AC merupakan barang elektronik yang berfungsi untuk melepas kalor pada suatu r...


On : Saturday, 4 August 2018,

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Heri Santoso, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of SERVICE AC SEMARANG | 081291244676. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Heri Santoso .

No comments

Post a Comment