Cara Kerja AC Beserta Komponen di Dalamnya

Kenapa AC bisa dingin? Pertanyaan yang sering terdengar ketika seseorang ingin tau bagaimana Prinsip / cara kerja AC sehingga bisa menimbulkan suhu yang dingin di dalam ruangan, pada umumnya AC sama dengan kipas angin, menghembuskan udara ke sebuah ruangan atau lingkungan untuk mendapatkan udara segar, akan tetapi untuk AC terdapat sebuah sistem yang di rancang untuk menyetabilkan udara ( menghilangkan kalor ) di sebuah ruangan yang pengap atau panas supaya ruangan menjadi lebih dingin dan sejuk.
Ada dua bagian pada AC yaitu unit INDOOR dan unit OUTDOOR, sedikit penjelasan mengenai indoor dan outdoor, mari kita simak apa fungsi dan cara kerja dari indoor dan outdoor tersebut:

Cara Kerja Unit Indoor AC



Indoor dalam bahasa indonesia bisa di artikan di dalam ruangan, yang berarti sebuah alat pendingin ruangan yang harus di pasang atau di letakkan di dalam ruangan. Pada system AC indoor memiliki tugas menghembuskan udara dingin yang di bentuk atau di salurkan dari unit outdoor dengan system refrigeration.
Indoor merupakan alat bantu yang di desain mengatur semua kinerja outdoor dengan setelan / settingan yang sudah di atur menggunakan remote.
Terdapat beberapa komponen pada indoor, masing masing mempunyai fungsi dan peranan sendiri.

Berikut komponen komponen utama pada indoor

Evaporator

Apa itu Efaporator? Evaporator adalah sebuah alat untuk menampung uap dingin yang di hasilkan melalui proses refrigrasi. Proses tersebut di dapat dengan cara mengubah nilai dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi. Sehingga di dapatkan uap dingin. Proses tersebut di lakukan di unit mesin kompresor, dengan bantuan bahan pendingin refrigerant ( freon ).


Evaporator AC Split

Selain itu evaporator juga di fungsikan untuk sirkulasi gas refrigerant tersebut. Oleh sebab itu evaporator tidak boleh bocor walau sekecil apapun agar freon tidak habis terbuang.
Bahan yang di gunakan dalam pembuatan evaporator AC menggunakan tembaga dan alumunium.
Pipa Tembaga yang di bentuk melingar panjang seperti huruf U, dan antara ujung yang satu dengan yang lainnya masih berhubungan. Kemudian alumunium di buat sirip-sirip untuk melindungi dan menjadi perantara dingin supaya merata ke seluruh bagian evaporator. Selain itu sirip alumunium disini di maksudkan agar uap yang sudah menjadi air bisa langsung mengalir tepat di talang pembuangan air.

Motor Fan Indoor

Motor listrik ialah sebuah alat mampu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Juga sebaliknya, dari energi mekanik menjadi tenaga listrik.

motor fan indoor

Alat elekrtronik rumah tangga lainnya yang menggunakan motor listrik seperti mesin cuci, pompa air, kipas angin, blower AC, dan lain sebagainya. Baca dari sumbernya mengenai motor listrik. fungsi dinamo motor fan pada ac split Sedangkan pada blower kipas fan AC, adalah jenis motor listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi makanik. Sehingga menghasilkan pergerakan. Pergerakan tersebut di fungsikan untuk mengerakan blower / baling-baling kipas fan, sehingga dari hasil putaran itu di gunakan untuk membuang hawa panas pada outdoor, dan hawa dingin pada evaporator indoor

Blower Fan Indoor


blower fan indoor

Adalah perangkat yang berbentuk bulat panjang sehingga disebut blower yang berfungsi sebagai alat untuk menghempaskan udara dingin yang berada pada evaporator ke ruangan yang dibantu oleh motor fan indoor dengan putaran arah searah dengan jarum jam yang bekerja dan berputar secara seimbang / balance.

PCB / MODUL - Remote

PCB Modul adalah sebuah rangkaian kelistrikan yang di dalamnya terdapat berbagai macam komponen elektronik. Komponen tersebut di antaranya trafo, IC ( Integrated Circuit), Elco, Resistor, Capasitor, Dioda, dan komponen-komponen elektronik lainnya.


fungsi PCB modul pada ac split Perangnya sangat penting, karena fungsi PCB Modul pada AC split disini yaitu sebagai pengatur semua kelistrikan. Mulai dari arus listrik dari PLN masuk melalui power supplay, kemudian ke modul ini. Untuk menyalakan dan menghidupkan AC secara manual juga lewat ini, dengan tombol yang sudah di sediakan oleh produsen AC.
Sedangkan Remot AC adalah rangakian alat yang di gunakan untuk mengatur sistem kerja AC melalui program program menu yang sudah di sediakan oleh produsen AC, masing masing brand memiliki tombol dan fungsi yang berbeda, namun juga tidak memiliki banyak perbedaan dari menu tombol remot AC. Hanya beberapa perbedaan di menu yang tersedia, tergantung dari fasilitas AC yang sudah di buat dan mwmiliki fitur masing masing

Talang Air / Bak Pembuangan

Sesuai dengan namanya Talang Air merupakan alat untuk instalasi saluran pembuangan air, yang sering kita kenal talang pembuangan. Talang air di sini berfungsi untuk menampung tetesan air dari evaporator yang kemudian akan mengalir melalui selang instalasi pembuangan air supaya air yang menetes keluar dari ruangan.

Talang air AC

Filter / Saringan udara

Filter atau saringan udara pada ac split ini berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke evaporator dan di hembuskan ke ruangan supaya debu atau kotoran yang terhisap oleh blower indoor tidak masuk ke kisi kisi evaporator, sehingga evaporator tidak cepat kotor dan tidak mudah buntu oleh debu yang menempel dan tidak mengganggu sirkulasi angin yang di hembuskan supaya AC tetap bekerja secara maksimal. 

Cara kerja Unit Outdoor AC

Selanjutnya kita ulas beberapa bagian bagian terpenting pada unit outdoor dan cara kerjanya, Outdoor AC biasanya berupa unit yang terdiri dari dua komponen penting, yaitu compressor AC dan kondensor AC. Motor pada compressor AC adalah sebuah pompa yang menghisap gas refrigerant yang bertekanan rendah dan memampatkan gas tersebut menjadi gas bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi. Piston secara tipikal bergerak naik dan turun di dalam sebuah silinder didalam motor compressor AC, menghisap gas refrigerant atau freon AC pada saat piston turun dan memampatkan gas refrigerant yaitu pada saat piston bergerak naik.

outdoor ac split

Baca juga: Pengertian Freon / refrigerant
Gas refrigerant AC pada tekanan dan temperatur tinggi kemudian meninggalkan compressor AC (pemampatan gas akan menyebabkan naiknya temperatur) dan masuk ke kondensor AC dimana gas didinginkan menjadi bentuk cair. Selain mengandung panas dari proses pemampatan gas oleh compressor motor, panas juga berasal dari penyerapan oleh refrigerant di evaporator (panas yang berasal udara di dalam gedung/ruangan). Panas yang terbentuk dari proses ini dihembuskan keluar oleh kipas melewati koil kondensor AC.

Sistem refrigerasi bergantung pada dua macam perubahan bentuk refrigerant, yaitu perubahan dari bentuk gas ke cair dan sebaliknya, perubahan bentuk cair ke gas. Perubahan bentuk refrigerant inilah yang memindahkan panas dari dalam ruangan keluar ruangan dengan cara menyerap panas selama proses evaporasi (didalam evaporator coil) dan melepaskan panas selama proses kondensasi (didalam kondensor AC). Adanya tekanan akan menaikkan titik penguapan refrigerant (perubahan bentuk cair menjadi gas) atau titik kondensasi refrigerant (perubahan bentuk dari gas ke cair)

Komponen komponen OUTDOOR Secara umum bagian Outdoor adalah:


Kompresor

kompresor ac split

Kompresor adalah pengendali aliran refrigerant. Dari kompresor, refrigeran akan dipompa dan dialirkan menuju ke komponen utama AC, yaitu kondensor, pipa kapiler dan evaporator.
Kompresor AC berfungsi sebagai pusat sirkulasi (memompa dan mengedarkan) bahan pendingin atau refrigrant (Freon) keseluruh bagian AC. Fungsi kompresor lainnya adalah membentuk dua daerah tekanan yang berbeda, daerah bertekanan tinggi dan rendah. Ada tiga jenis kompresor AC yang banyak beredar dipasaran, yaitu kompresor torak (reciprokating compressor), sentri pugal, dan rotary.
Ketiga jenis kompresor tersebut memiliki cara kerja yang berbeda , tetapi prinsipnya sama yaitu menciptaka komprehensi (tekanan ) dan kecepatan laju aliran pada refrigran atau Freon sebagai fluida didalam system pendinginan.

Kondensor


kondensor outdoor ac

Kondensor berfungsi sebagai alat penukaran kalor, menurunkan temperatur refrigran dari bentuk gas menjadi cair. Biasanya pada kondensor AC menggunakan udara sebagai media pendinginnya (air cooling condensor ). Sejumlah kalor yang terdapat pada refrigeran dilepaskan keudara bebas dengan bantuan kipas (fan motor). Agar proses pelepasan kalor bisa lebih cepat, pipa kondensor didesain berliku dan dilengkapi dengan sirip. Untuk itu, pembersihan sirip-sirip pipa kondensor sangat penting agar perpindahan kalor refrigran tidak terganggu. Jika sirip-sirip kondensor dibiarkan dalam kondisi kotor, akan mengakibatkan AC menjadi kurang dinggin.

Pipa Kapiler

pipa kapiler outdoor

Pipa kapiler merupakan komponen utama yang berfungsi menurunkan tekanan refrigeran dan mengatur aliran refrigeran menuju evaporator. Fungsi utama pipa kapiler ini sangat vital karena menghubungkan dua bagian tekanan berbeda, yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah. Refrigeran bertekanan tinggi sebelum melewati pipa kapiler akan diubah atau diturunkan tekanannya. Akibat dari penurunan tekanan refrigeran akan menurunkan tekanan suhu. Pada bagian inilah (pipa kapiler) refrigeran akan mencapai suhu terendah (terdingin).
Pipa kapiler terletak diantara saringan (filter) dan evaporator. Ketika mengganti atau memasang pipa kapiler baru, sebisa mungkin tidak bengkok karena bisa menyebabakan penyumbatan. Penggantian komponen pipa kapiler harus disesuikan dengan diameter dan panjang pipa sebelumnya.

Kipas / Fan blower

kipas fan blower outdoor

Kipas (fan) atau blower terletak dibagian indoor yang berfungsi menghembuskan udara dingin evaporator. Fan atau kipas terletak pada bagian outdoor yang berfungsi mendinginkan refrigeran pada kondensor. Sebenarnya penyebutan blower (bagian indoor) dan kipas (bagian outdoor) hanya untuk memudahkan karena keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Blower berbentuk seperti tabung bersirip, sedangkan kipas terdiri dari bilah daun kipas. Keduanya bagian atau komponen yang berputar pada porosnya secara terus menerus ketika kompresor bekerja (dialiri arus listrik). Komponen blower ( indoor) dan kipas (outdoor) digerakkan oleh motor listrik yang berbeda.

Dari ulasan di atas merupakan prinsip / cara kerja AC beserta komponen komponen penting di dalam system AC split, semoga dari artikel ini bisa memberikan manfaat.
Posting Komentar

Artikel Yang Sering Di Kunjungi

Cara merubah tampilan suhu remot AC

Kode Error AC Daikin Bisa di Check Menggunakan Remote

Panduan Menggunakan Remote AC LG Dengan Benar

Jual Beli Barang Bekas / Rosok Semarang Tlp / WA 081291244676

Cara memperbaiki sensor ac tidak bisa di remote