Tips Service AC Ringan / Cuci AC Sendiri

Tips service ac ringan
www.sharp-indonesia.com



Tak ada salahnya bila Anda melakukan Service AC ringan / sendiri walau pun secara ringan, karena servis AC yang Anda lakukan itu tentu bisa memberikan manfaat tersendiri, seperti usia penggunaan AC akan jadi lebih tahan lama, servis AC secara ringan juga dapat mencegah agar AC tidak gampang rusak sehingga saat dilakukan servis AC oleh teknisi, tidak memerlukan tindakan khusus.

Tahukah Anda bila AC tidak dirawat dengan baik dan secara rutin dapat menjadi sumber masalah polusi udara bagi Anda dan keluarga, sehingga menimbulkan beberapa jenis penyakit pada pernapasan. Hal ini diakibatkan oleh pendingin ruangan yang kotor sehingga menyimpan berbagai macam virus dan bakteri yang kemudian disebarkan kembali ke seluruh penjuru rumah Anda dan terhirup melalui indera penciuman. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh United State Environment Protection Agency (US EPA) bahwa polusi dalam ruang bisa dua hingga lima kali lipat lebih tinggi dibandingkan polusi luar ruang dan satu dari lima besar polusi yang beresiko mengancam kesehatan dan juga nyawa manusia.

Oleh karena itu, servis AC sangat penting untuk dapat Anda lakukan. Walau nantinya pemeriksaan komponen diserahkan pada teknisi, tapi tak ada salahnya untuk mengetahui komponen apa saja yang ada di dalam unit AC yang harus dirawat secara rutin dengan baik.
Ada dua proses pembersihan dalam tahapan servis AC secara ringan,  yaitu servis AC kecil yang dilakukan pada unit bagian dalam atau indoor, misalnya filter dan penutup AC, dan kemudian servis AC besar yang mencakup komponen indoor atau evaporator-nya dan bagian luar atau outdoor. Pembersihan kecil dapat Anda lakukan setiap dua minggu sekali, sedangkan pembersihan besar cukup Anda lakukan tiga bulan sekali.


Langkah-langkah Untuk Servis AC Secara Ringan


  1. Cabut terlebih dahulu kabel aliran listrik pada unit AC Anda.
  2. Buka seluruh penutup pada bagian indoor unit AC Anda dengan cara melepas baut penutup, menekan pengancing, lalu menarik penutupnya
  3. Siapkan terlebih dahulu plastik pelindung untuk melapisi bagian sisi unit AC Anda. Lapisan plastik ini untuk melindungi panel kontrol AC dan agar tidak mengotori dinding.
  4. Siapkan cairan pembersih elemen alumunium AC yang telah dicampur dengan air. Gunakan perbandingan 1:1, kemudian oleskan cairan tersebut menggunakan kuas searah dengan elemen kisi-kisi evaporator.
  5. Diamkan selama lima menit agar cairan bekerja optimal dalam mengangkat debu karat. Kemudian, semprot dengan air bertekanan. Caranya, tutup sebagian ujung selang dengan ibu jari atau menggunakan sprayer hingga tak ada lagi busa yang terlihat.
  6. Untuk bagian blower, semprot menggunakan air dengan gerakan memutar dengan jari agar semua bagian blower tersiram bersih. Lalu, bersihkan lubang pembuangan dengan pipet yang ditiup-tiup.
  7. Keringkan unit sebelum memasang kembali tutupnya


Demikian tips untuk servis AC ringan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Untuk lebih jelasnya bisa langsung konsultasikan kepada kami, melqyani konsultasi untuk semua pembaca. Salam dingin dari kami www.jett-cool.com. Selamat mencoba.




Posting Komentar

Artikel Yang Sering Di Kunjungi

Cara merubah tampilan suhu remot AC

Kode Error AC Daikin Bisa di Check Menggunakan Remote

Panduan Menggunakan Remote AC LG Dengan Benar

Jual Beli Barang Bekas / Rosok Semarang Tlp / WA 081291244676

Cara memperbaiki sensor ac tidak bisa di remote