Tips Menghitung Kebutuhan PK AC



Tak banyak orang tahu tentang bagaimana cara menghitung kebutuhan PK AC yang sesuai dengan ruangan, padahal ini sering menjadi salah satu pertanyaan ketika Anda memutuskan untuk membeli dan menggunakan Air Conditioner. Hal ini tergolong penting, mengingat hubungannya dengan besaran pemakaian listrik yang harus Anda bayar setiap bulan. Unit AC yang terlalu besar, dibandingkan dengan luas ruangan tempatnya berada, akan membuat pemakaian listrik menjadi boros, dan begitu juga sebaliknya. Unit AC yang terlalu kecil dibandingkan dengan luas ruangan akan memerlukan waktu yang lebih lama agar bisa mendinginkan ruangan tersebut, tentunya hal ini juga dapat membuat tagihan listrik Anda membengkak.


menghitung kebutuhan pk ac
www.rumahku.com

Anda perlu memperhatikan tiga faktor penting ketika menghitung kebutuhan PK AC, yakni daya listrik (watt), PK kompresor AC, dan daya pendinginan AC (BTU/hr – British Thermal Unit per hour). Sebagian dari Anda mungkin lebih akrab dengan angka PK atau Paard Kracht/daya kuda/horse power (HP) pada sebuah unit AC. Perlu Anda ketahui, bahwa PK sebenarnya adalah satuan daya pada kompresor AC bukan daya pendingin AC. Namun, masyarakat awam lebih mengenal PK daripada BTU/hr. Selanjutnya, bagaimana cara menyesuaikan dan menghitung daya pendingin AC dengan ruangan? Silakan simak konversi PK – BTU/hr – luas ruangan (m2) berikut ini :

1 PK = 9.000-10.000 BTU/h
1 m2 = 600 BTU/hr
3 m
= 10 kaki —> 1 m = 3.33 kaki
Daya Pendingin AC berdasarkan PK AC :


BTU/hr
PK
±5.000
± 7.000
± 9.000
±12.000
±18.000
½
¾
1
2

Untuk menghitung kebutuhan BTU, Anda perlu menggunakan rumus berikut :
Baca juga artikel Peranan penting pada kompresor AC split

(W x H x I x L x E) / 60 = kebutuhan BTU

W
=
panjang ruang (dalam feet)
H
=
tinggi ruang (dalam feet)
I
=
nilai 10 jika ruang berinsulasi (berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang lain). Nilai 18 bila tidak berinsulasi (di lantai atas).
L
=
lebar ruang (dalam feet)
E
=
nilai 16 jika dinding terpanjang menghadap utara, nilai 17 jika menghadap timur, nilai 18 jika menghadap selatan, dan nilai 20 jika menghadap barat.


Contoh Menghitung Kebutuhan PK AC



Apabila Anda memiliki ruangan yang berukuran ;

3 m x 6 m atau (10 kaki x 20 kaki), tinggi ruangan 3 m (10 kaki) tidak berinsulasi, dinding panjang menghadap ke timur.

Kebutuhan BTU = (10 X 20 X 18 X 10 X 17) / 60 = 10.200 BTU alias cukup dengan AC 1 PK.


Demikian pembahasan mengenai tips menghitung kebutuhan PK AC agar Anda bisa memutuskan secara bijak dan tepat, PK AC berapakah yang cocok dengan ruangan Anda. 

Semoga bermanfaat.



Posting Komentar

Artikel Yang Sering Di Kunjungi

Cara merubah tampilan suhu remot AC

Kode Error AC Daikin Bisa di Check Menggunakan Remote

Panduan Menggunakan Remote AC LG Dengan Benar

Jual Beli Barang Bekas / Rosok Semarang Tlp / WA 081291244676

Cara memperbaiki sensor ac tidak bisa di remote