Gadged Multi Fungsi

Contact Form

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Jasa pergantian / pasang kompresor AC semarang

Jasa pergantian kompresor AC semarang. 081291244676 / 082232222052


Selain melayani jasa panggilan untuk service, pemasangan maupun maintenance kami juga melayani jasa pergantian kompresor dengan kapasitas besar seperti AC Split Duct, Chiller, Water Chiller, Standing Floor, Cassette, dan berbagai jenis AC lainya. Dengan di dukung tenaga ahli dan perlengkapan alat yang lengkap maka akan mempermudah dan membantu dalam pekerjaan kami, Melayani Pergantian kompresor mulai dari kapasitas 2 PK Sampai Kapasitas besar seperti unit pada pabrik maupun tempat lainya. Untuk mengetahui sistem kerja kompresor AC ada beberapa kiat dan penjelasan tentang perangkat unit yang satu ini, di bawah ini ada beberapa alasan kenapa kompresor AC bisa Rusak, Macet, atau pun Terbakar mekanik nya.

ganti kompresor ac semarang

jasa ganti kompresor ac semarang

Masalah Pada Kompresor AC (Berisik, Sulit Hidup, Terbakar) dan Solusinya.


Masalah yang terjadi pada sebuah kompresor AC yang sudah melalui masa pakai cukup lama biasanya adalah ketidakmampuan kompresor AC tersebut untuk memampatkan dengan baik gas refrigerant atau freon AC ke tekanan yang cukup. Dibutuhkan teknisi yang berpengalaman untuk mengevaluasi dan melakukan test pada sistem, atau untuk mengganti kompresor AC tersebut.

Karena perbaikan / penggantian kompresor AC membutuhkan biaya, pastikan mengapa compressor tersebut tidak berfungsi dengan baik. Pastikan juga bahwa masalah ini tidak disebabkan oleh tidak stabil nya tegangan listrik. Tegangan listrik yang fluktuatif dapat menyebabkan kompresor AC tidak bekerja dengan baik sehingga AC kehilangan kemampuan pendinginan.
Masalah lain yang sering terjadi pada kompresor AC diantaranya adalah; kompresor sulit hidup, berisik dan terbakarnya kompresor .
Seorang teknisi yang berpengalaman akan melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum memastikan bahwa compressor telah rusak, kecuali sudah terdapat indikasi jelas bahwa terdapat masalah pada kompresor AC (berisik, sulit dihidupkan, terbakar). Pemeriksaan menyeluruh meliputi pemeriksaan kelistrikan, pemeriksaan kondisi filter dan duct serta pemeriksaan kipas pada blower.

Ketika sebuah kompresor AC terbakar, hal ini berarti bahwa kumparan di dalam kompresor tersebut mengalami kerusakan parah; terjadi konsleting dan terbakar. Jika ini terjadi, jalan terbaik adalah mengganti kompresor AC.

Cara Mengganti Kompresor AC

Mengganti kompresor AC merupakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh teknisi yang terlatih. Tidak hanya karena kompresor motor merupakan bagian yang paling mahal dari sebuah air conditioner, tetapi juga karena mengganti ini cukup rumit. Langkah pengerjaan:
  1. Pastikan bahwa kompresor AC memang telah rusak dan memerlukan untuk diganti.
  2. Melakukan identifikasi model dan kapasitas kompresor AC sehingga penggantian dapat dilakukan secara tepat dan mudah untuk mengaplikasikanya
  3. Matikan air conditioner ( matikan jalur listrik pada panel control ), termasuk jaringan listrik di lokasi air conditioner tersebut dipasang
  4. Kosongkan refrigerant atau freon AC. Prosedur modern memungkinkan untuk menampung refrigerant ini daripada melepasnya ke lingkungan untuk mengurangi polusi
  5. Potong pipa refrigerant dan copot kompresor Compressor AC yang baru dipasang dan pipa refrigerant dihubungkan kembali
  6. Lakukan vakuuming pada sistem untuk megeluarkan udara dari pipa refrigerant dan compressor AC. Hal ini bertujuan juga untuk memeriksa jika terdapat kebocoran di dalam sistem. Jika masih terdapat udara dan bercampur dengan refrigerant akan menyebabkan sistem tidak bekerja dengan baik. Begitu juga jika refrigerant bercampur dengan air.
  7. Refrigerant dimasukkan ke dalam sistem pada jumlah yang tepat.Kelebihan atau kekurangan volume refrigerant akan menyebabkan sistem tidak beroperasi dengan baik.
  8. Lakukan test dan evaluasi pada sistem.

Pengertian kompresor dan beberapa faktor penyebab kompresor rusak

Kompresor adalah alat yang paling utama dalam mesin pendingin sebab kompresor adalah penggerak refrigran agar dapat bersirkulasi dan menghisap panas, kompresor digunakan untuk memompa gas bukan cairan sebab kompresor menggunakan sistem piston, kompresor ada beberapa jenis tapi yang akan dibahas berikut ini adalah kompresor yang menggunakan kumparan sebagai mesin penggerak, banyak faktor yang menyebabkan kompresor rusak yaitu:
  • Kelebihan Beban kelebihan beban terjadi karena adanya gas yang terlalu banyak untuk dipompa oleh kompresor sehingga kompresor tidak mampu memompa lagi mengakibatkan putaran rotor berhenti/pelan dan arus sangat tinggi mengakibatkan kumparan terbakar dan kompresor rusak.
  • Kehabisan Oli kehabisan oli terjadi karena adanya kebocoran pada sistem refrigrant sehingga oli keluar dari sistem refrigrant yang mengakibatkan mesin berputar tanpa pelumas dan mengakibatkan panas yang berlebih, panas yang sangat tinggi mengakibatkan kumparan terbakar dan overload rusak.
  • Arus dan Tegangan arus dan tegangan sangat menentukan kerusakan yang terjadi pada kompresor, walau pun kompresor baru kalau arus dan tegangan tidak sesuai dapat mengakibatkan kerusakan, sebab kumparan motor sangat peka dengan arus dan tegangan.
  • Kapasitor Mati kapasitor adalah alat yang digunakan untuk menggeser fasa sehingga kutub bantu mempunyai kecendrungan ke kanan atau ke kiri karena itulah kapasitor sangat berperan penting pada motor kapasitor, sehingga kalau kapasitor mati rotor tidak dapat berputar karena tidak mempunyai kecendrungan yang mengakibatkan lilitan terbakar karena terjadi arus pendek pada lilitan (kompresor 1 fasa dibawah 1/2 PK menggunakan PTC dan 1/2 PK keatas menggunakan kapasitor, fungsi PTC hampir sama dengan kapasitor hanya saja PTC tidak menimbulkan pergeseran fasa hanya memberikan kutub bantu yang muncul beberapa detik saja sedangkan kompresor 3 fasa tidak menggunakan kapasitor atau PTC)
  • Buntu kebuntuan yang terjadi pada sirkulasi refrigrant dapat menyebabkan kompresor bekerja sangat keras sebab pada pipa tekan, tekanan menjadi sangat tinggi dan pada pipa hisap menjadi sangat rendah, hal ini menyebabkan kompresor overload karena kelebihan beban. Kebuntuan dapat terjadi pada semua bagian sirkulasi refrigran namun yang paling sering terjadi kebuntuan adalah pada expansi sebab expansi adalah bagian yang paling kecil jalurnya dibanding yang lain. Kebuntuan dapat diatasi dengan flasing atau mengganti bagian yang buntu.
  • Salah Pengisian kesalahan pengisian refrigrant atau oli dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor, ini karena kompresor dirancang sedemikian rupa oleh pabrik untuk diisi dengan refrigrant dan oli tertentu saja, jika kompresor diisi dengan refrigrant dan oli yang tidak ada pada ketentuan dapat mengakibatkan komponen-komponen yang ada kompresor menjadi rusak karena tidak cocok dengan refrigrant dan oli.
  • Aus dan karat keadaan kompresor yang sudah tua sering menimbulkan keausan dan karat hal ini adalah wajar jika kompresor sudah berusia 5-10 tahun. Keausan yang terjadi pada kompresor biasanya pada piston ini ditandai dengan tidak dinginnya evaporator, arus kecil, tekanan freon pada pipa tekan dan pipa hisap tidak jauh berbeda. Karat dapat terjadi pada body kompresor dan dapat menimbulkan bocor pada kompresor. Kompresor yang telah aus atau berkarat sebaiknya diganti.
Demikianlah beberapa faktor yang paling sering menyebabkan kompresor rusak.

Back To Top